INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

Produksi Kompos Pupuk Organik Bokashi dusun Duduhan Bersama Mahasiswa KKN UMY Kelompok 46

Produksi Kompos Pupuk Organik Bokashi dusun Duduhan Bersama Mahasiswa KKN UMY Kelompok 46

Perkembangan teknologi didunia pertanian telah berkembang pesat, KKN UMY kelompok 46 bersama Kelompok Tani Mekar Dusun Duduhan desa Mangunharjo bergotong royong memproduksi Pupuk organik berbahan dasar Kotoran sapi (Bokashi). Merupakan bagian dari program kerja KKN UMY kelompok  46, program bertajuk Pembuatan Pupuk organik, diawali dengan Sosialisasi Mahasiswa bersama Warga dusun duduhan desa mangunharjo. Penyampaian materi oleh mahasiswa tentang Pertanian organic merujuk pada pembuatan kompos pupuk organic. Memiliki fungsi sebagai mediator warga, mahasiswa memaparkan keunggulan dari bertani secara organic, program kerja mahasiswa disambut manis oleh warga dusun duduhan desa mangunharjo, dilanjutkan dengan agenda workshop pembuatan kompos pupuk organik.

Workshop proses pembuatan kompos pupuk organic dilaksanakan di rumah warga. Mahasiswa sebagai fasilitator mengadakan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti probiotik, cairan molase dan kalsit, dan warga menyiapkan kotoran sapi dan peralatannya. Saling bahu membahu dalam proses produksi dengan pendampingan Mahasiswa KKN UMY Kelompok 46 dengan kotoran sapi kurang lebih 800 kilogram. Pada pembuatan kompos terdapat 3 tahap pembuatan, pertama pencampuran kotoran sapi dengan decomposer, selang satu minggu tahap kedua proses pengadukan kompos, dan pada tahap ketiga yaitu proses pengemasan.

Dengan adanya mahasiswa KKN UMY kelompok 46 diharapkan dapan memancing semangat warga untuk memproduksi  kompos pupuk organic. Mahasiswa sendiri mengharapkan terbentuknya siklus baru dalam keseharian masyarakat yang nantinya dapat menjadi alternatif pendapatan bagi masyarakat untuk diperdagangkan, atau minimal dapat digunakan untuk kebutuhan pertanian warga.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter